7 Cara Mudah Mempeliture Kayu Dengan Hasil Yang Sangat Memukau

7 Cara Mudah Mempeliture Kayu

7 Cara Mudah Mempeliture Kayu – Anda pengen tahu ! Bagaimanakan cara mempeliture kayu dengan baik dan benar, mudah dan mendapatkan hasil yang maksimal ? Mempeliture adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas mutu kayu dan meningkatkan harga jual produk kayu. Mempeliture juga akan meningkatkan nilai produk perabotan yang menggunakan bahan kayu. Peliture dengan cat kayu itu berbeda, jika cat, itu tidak menampakkan serat kayu yang indah. Sedangkan peliture itu memiliki warna yang menampakkan serat kayu yang indah, serta memiliki warna yang sangat mengkilap, sehingga tampak lebih mewah jika dibandingkan dengan cat kayu.

7 Cara Mudah Mempeliture Kayu

Dalam tugas untuk mewarnai kayu dengan cat, itu lebih mudah, jika dibandingkan dengan mewarnai kayu menggunakan peliture. Karena, peliture itu memiliki tahapan-tahan yang lumayan panjang, serta agak rumit untuk dikerjakan. Jika anda salah dalam mewarnai kayu menggunakan peliture, maka akan menghasilkan pemandangan yang buruk. Akan tetapi, jika anda benar dalam mewarnai kayu menggunakan peliture, maka akan nampah indah, serta mewah produk perabotan kayu tersebut. Bahan peliture ini juga akan nampak lebih elegan jika diaplikasikan untuk semua perabotan yang menggunakan bahan kayu asli.

Peliture juga akan memberikan hal yang sangat baik untuk produk kayu. Karena, kayu tersebut akan secara otomatis terlindungi oleh serangan hama, seperti serangan serangga rayap yang sangat menyebalkan. Jika kayu sudah dipeliture, maka akan memiliki ketahan yang sangat lama jika dibandingkan dengan kayu yang tidak dipeliture. Untuk produk peliture yang beredar dipasaran indonesia diantaranya adalah mowilex wood stain, propan aqua politure, dan masih banyak lagi produk yang lainnya yang bisa anda dapatkan ditoko terdekat dari rumah anda.

7 Cara Mudah Mempeliture Kayu Dengan Hasil Yang Sangat Memukau

  1. Haluskan permukan kayu yang akan dipeliture dengan amplas nomer 80 sd 180, lalu lakukanlah gerakan memutar pada saat anda mengamplas kayu tersebut. Jika anda melakukan gerakan amplas dengan satu arah, alias bukan memutar, maka hasilnya tidak akan bisa halus. Lakukanlah pengamplasan dengan rata sampai halus maksimal.
  2. Lakukan pelapisan untuk menutup pori-pori kayu menggunakan “wood filler”. Setelah anda melakukan hal itu, maka, tunggu sampai kering. Kemudian lakukan pengamplasan kayu tersebut dengan menggunakan amplas nomer 150 sd 180. Lakukanlah hingga halus dan rata mulusnya.
  3. Lakukannlah pelapisan dasar peliture menggunakan kuas, usapkanlah bahan peliture tersebut kekuas hingga rata, akan tetapi, jangan sampai meninggalkan jejak kuas kepermukaan kayu tersebut. Kemudian tunggulah sampai kering dan lakukanlah pengamplasan lagi dengan menggunakan amplas nomer 180 sd 240 hingga rata dan halus.
  4. Lakukanlah pengolasan bahan peliture ke kayu dengan menggunakan kain perca yang halus dengan gaya gerakan memutar sampai rata dan halus, tunggu sampai kering.
  5. Amplas dengan menggunakan amplas nomer 180 ad 240 dengan cara amplas basa, alias amplas tersebut dicelupkan keair. Biarkanlah sampai kering sempurna.
  6. Ini tahan yang paling akhir sekali, lapisilah dengan peliture menggunakan kain perca halus dengan cara memutar hingga hasil yang anda inginkan. Akan tetapi, peliture tersebut dengan encer, jangan kental.
  7. Jika masih kurang, lakukanlah berulang-ulang langkah yang terakhir, hingga produk yang anda peliture mulus serta mengkilap dengan sempurna.

Baca juga

Lihat vidio yang sangat menarik dibawah ini

Demikian sekilas informasi mengenai “7 Cara Mudah Mempeliture Kayu Dengan Hasil Yang Sangat Memukau” yang bisa admin berikan. Jika anda ingin memiliki produk perabotan jati yang memiliki pelituran yang mengkilap, segera hubungi Cv. Karya Priboemi Jepara. Kami juga menjual semua produk perabotan untuk mengisi rumah anda, produk tersebut diantaranya adalah kursi tamu, kaligrafi, kamar set klasik, gazebo, meja makan, nakas, depat (tempat tidur jati jepara), dll.

Salam sukses – CV Karya Priboemi Jepara